LSM Kemitraan Bantu Pengembangan Perhutanan Sosial di Sumbar

LSM Kemitraan-crop

Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam mewujudkan tata kelola kehutanan dan iklim yang baik (good forest and climate governance), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kemitraan Partnership pada tahun 2014 lalu telah membantu pengembangan kegiatan perhutanan sosial di Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut dituangkan dalam bentuk kerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, meliputi kegiatan peningkatan penguasaan dan akses masyarakat dalam pengelolaan sumber daya hutan melalui skema Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) dan pengembangan kapasitas dan program pembangunan rendah carbon untuk mendukung adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Kadishut Provinsi Sumatera Barat Ir. Hendri Octavia, MSi, pada acara koordinasi dan evaluasi kegiatan tahun 2014 Jumat (13/2/2014), di Ruang Rapat Pokja Perhutanan Sosial (PS), mengucapkan terima kasih kepada LSM Kemitraan yang telah ikut mendukung dan mendorong perkembangan PHBM di Sumatera Barat. Semoga kerjasamanya ini dapat dilanjutkan pada tahun 2015 mendatang.

Ketua Pokja Perhutanan Sosial Sumbar Yonefis SH MM, dalam laporannya menjelaskan bahwa LSM Kemitraan sudah membantu pengembangan PHBM pada dua kabupaten yaitu di Pasaman dan Sijunjung.

Ada delapan kegiatan yang telah dilakukan antara lain Identifikasi nagari potensial pengembangan PHBN, Sosialiasi di tingkat tapak, Fasilitasi proses usulan PHBM pada 6 Nagari, Fasilitasi pembentukan Pokja Perhutanan Sosial  pada 2 Kabupaten, Fasilitasi peningkatan kapasitas pengelola PHBM pada 9 kelompok, Peningkatan kinerja Pokja PS Provinsi, Sosialisasi SRAP REDD+, dan Fasilitasi Integrasi SRAP dalam rangka rencana pembangunan pada 19 Kabupaten/Kota.

Direktur LSM Kemitraaan Patnership Hasbi Berlian, memuji hasil kerjasamanya dengan Dishut Provinsi Sumbar dan ini merupakan langkah awal dan mudah-mudahan untuk bisa dikembangkan. Untuk itu diminta Pokja untuk menyusun rencana kerja pada tahun 2015 dengan fokus kegiatan pada 2 kabupaten  sebelumnya.

Pada kesempatan itu hadir Kadishut Kab. Pasaman dan Kadishut Kab. Sijunjung, anggota Pokja PS Provinsi dan Kabupaten, dan diakhiri dengan diskusi (Bidang RHL).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha *