Hari Hutan Internasional Tahun 2015 di Provinsi Sumatera Barat

HHI

Bertempat  di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat pada tanggal 17 Maret 2015 dilaksanakan upacara bendera rutin bulanan.  Tidak seperti tahun tahun lalu, upacara bendera  yang bertepatan dengan tanggal tersebut biasanya dikaitkan dengan Hari Bakti Rimbawan tetapi  pada tahun ini dikaitkan dengan Hari Hutan Internasional.

Yang bertindak dalam sebagai pembina upacara yaitu Asisten III Bidang Administrasi Bapak Drs Sudirman Gani. Pada kesempatan tersebut, pembina upacara membacakan Pidato Bapak Gubernur yang isinya antara lain bahwa Hari Hutan Internasional dirayakan dengan tujuan untuk saling berbagi mengenai  visi dan misi kehutanan dan kaitannya dengan perubahan iklim di seluruh dunia serta strategi yang harus dilakukan. Untuk menjaga hutan diperlukan 3 (tiga) hal pokok  yaitu melindungi hutan, memanfaatan hasil hutan dan menjadikan hutan sebagai tempat rekreasi alam serta untuk kesejahteraan manusia. Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Barat mengajak semua pihak untuk mengubah pola pikir (mind set) dari kebiasaan menebang pohon menjadi cinta menanam pohon dan melakukan gerakan konservasi tanah dan air.

Pembangunan kehutanan  ke depan diharapkan menjadikan kondisi hutan lebih baik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di dalam dan di sekitar hutan tersebut. Upaya lain yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan pemantapan kawasan hutan, pengamanan dan perlindungan hutan, optimalisasi pemanfaatan hasil hutan serta meningkatan sinergi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kehutanan antara pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pada akhir pidatonya, Gubernur Sumatera Barat berharap, pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan dapat memberikan dampak yang cukup signifikan dalam mengurangi angka kemiskinan dan memberikan kontribusi bagi keseimbangan alam serta kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha *