Penyelenggaraan Pemeliharaan Areal Konservasi Sumber Daya Genetik Tanaman Jabon di Kabupaten Dharmasraya

Peraturan Menteri Kehutanan P.01/Menhut-II/2009 tentang penyelenggaran perbenihan tanaman hutan pasal 5 disebutkan pembangunan sumber daya genetik dilakukan melalui ; penetapan jenis prioritas, pengamatan variasi genetik dan konservasi sumber daya genetik. Sesuai arahan Direktur Perbenihan Tanaman Hutan tentang rencana aksi Pembangunan Sumber Daya Genetik, yang diantaranya adalah kegiatan identifikasi, inventarisasi dan penetapan Areal Sumber Daya Genetik berdasarkan Eko-Region menjadi tanggungjawab Dinas Kabupaten/ Kota, Dinas Kehutanan Provinsi, Direktorat BPTH, Pusprohut dan Perum Perhutani pada Pelatihan Pembangunan dan Pengelolaan Sumber Daya Genetik tanggal 18 sampai dengan tanggal 21 Desember 2013 di Yogjakarta,

Dalam rangka memenuhi rencana aksi tersebut UPTD Balai Perbenihan Tanaman Hutan telah melaksanakan pembangunan konservasi sumber daya genetik tanaman jabon di areal kerja KPHP Model Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya, seluas 5 hektar dengan dengan 4 (empat) provenan pada tahun 2014. Provenan dimaksud terdiri dari provenan Kabupaten Dharmasraya, Pulau Buton, Palembang dan Turen Malang. Bibit-bibit tersebut ditanam pada blok-blok (jumlah blok 5 unit) yang di antara blok diberi jalur isolasi minimal 20 (duapuluh) meter. Luas blok 1 (satu) hektar. Pada blok 1 ditanam bibit dari provenan Dharmasraya,Pada blok 3 ditanam provenan dari Pulau Buton, Palembang pada blok 4 dan provenan dari Turen Malang pada blok 5. Blok 2 ditanam ke empat provenan. Pelaksana lapangan kegiatan ini adalah KPHP Model Dharmasraya, setelah mendapat mandat dari UPTD BPTH dalam bentuk Surat Perjanjian Kerjasama. Realisasi penanaman yang telah dicapai adalah dengan persentase tumbuh tanaman 90 % (sembilan puluh persen).

Pada tahun ini (2015) akan segera dilaksanakan pemeliharaan tahun pertama, dengan pelaksana kembali diserahkan kepada Kepala KPHP Model Dharmasraya beserta jajarannya. Bibit yang disediakan untuk pemeliharaan ini berjumlah total 400 batang. Pengada/ pengedar bibit yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah pengada/ pengedar terdaftar di Kabupaten Dharmasraya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha *