Pelatihan GIS Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Data Spasial

Kapasitas lembaga dan individu merupakan salah satu komponen penentu dalam pengelolaan data dan informasiwilayah, baik dari level nasional hingga ke daerah. Kapasitas lembaga dan individu yang kurang memadai akanmenghambat pengelolaan dan pembaharuan data dan informasi. Dengan demikian penguatan kapasitas lembagadan individu sangat diperlukan dalam keberlanjutan sistem pengelolaan data dan informasi.

Sebagai rangkaian pekerjaan Penyediaan Data Dasar dan Peta Kadastral untuk Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dan PT. Waindo Specterra selaku konsultan pelaksana telahmelaksanakan kegiatan penilaian kapasitas lembaga dan individu dalam pengelolaan data spasial. Hasil penilaianmenemukan sejumlah kesenjangan dalam pengelolaan data spasial seperti:

  • Jumlah tenaga yang memiliki keterampilan pengelolaan data spasial (GIS) belum sesuai dengankebutuhan aktual di setiap instansi.
  • Jumlah staf yang menguasai GIS tersebut juga belum merata disemua instansi.
  • Pemahaman terhadap analisa GIS dirasakan masih kurang. Pekerjaan terfokus pada pembuatan layoutpeta.
  • Akses langsung terhadap sumber keterampilan khususnya untuk data spasial (training,narasumber,dll) masih terbatas.

Guna mengurangi kesenjangan tersebut, telah diadakan kegiatan pelatihan pengelolaan data spasialkepada para pemangku kepentingan di tingkat Provinsi dan Kabupaten di Sumatera Barat. Pelatihan dilaksanakanpada tanggal 30 Maret 2015 – 2 April 2015 bertempat di Hotel Pangeran City, Kota Padang. Selain diikuti oleh SKPD dan UPT Pemerintah Pusat di Provinsi, pelatihan juga diikuti oleh LSM dan PerguruanTinggi di Sumatera Barat.

Pelatihan menitikberatkan pada peningkatan skill peserta pelatihan melalui GIS exercise. Materi GIS praktisseperti Georeferencing, Input Data, Query Data, Layout Peta, Simple Overlay, dan Analisa Deforestasi danDegradasi Hutan telahdiberikan selama pelatihan.

Gambar berikut menampilkan beberapa aktivitas yang dilaksanakan selama pelatihan. (Planologi)

Pelatihan GIS

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha *