Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat berpartisipasi dalam Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) Tingkat Nasional  ke-47
25 Juli 2019 13:25:48 WIB 585 BERITA TERKINI Dinas Kehutanan

Foto kegiatan

Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat (Dishut Sumbar) ikut berpartisipasi dalam Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) Tingkat Nasional  ke-47 yang diselenggarakan di Lapangan Imam Bonjol Padang. HKG PKK dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri)  pada tanggal 25 Juli 2019 dan diikuti oleh seluruh anggota Tim Penggerak PKK Provinsi se-Indonesia.
Pada kesempatan tersebut, Dishut Sumbar ikut mendirikan stand pameran yang menampilkan informasi pembangunan kehutanan di Sumbar dan aneka produk masyarakat peduli kehutanan yang tergabung dalam program Perhutanan Sosial. Pameran aneka produk tersebut juga didukung oleh Mitra Dishut Sumbar, KKI Warsi.
Banyak peserta HKG PKK yang berkesempatan mampir di Stand Pameran Dishut Sumbar. Mereka ikut membeli produk-produk yang ditampilkan, seperti Teh Daun Gaharu, Teh Daun Gambir, Beras Organik Simancuang, Kerajinan Tas, dan sebagainya.
Untuk lebih menarik minat pengunjung, Dishut Sumbar juga mengadakan kuis kepada pengunjung untuk menjawab pertanyaan seputar pembangunan kehutanan dan isu lingkungan.
Salah seorang pengunjung, Ibu Hj. Nurlela dari PKK Kota Dumai Provinsi Riau, mengikuti kuis dengan menjawab pertanyaan apa yang sudah Ibu lakukan untuk mengatasi pemanasan global. Dia menjawab bahwa Dia sudah menanamkan perilaku hemat air karena Dumai sering kesulitan air. 
Pengunjung lainnya, Ibu Wit Yuhnil dari PKK Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumbar, juga menjawab tantangan pertanyaan tentang apa itu hutan. Jawaban sederhana mengemuka bahwa hutan itu adalah tempat tumbuhnya pohon-pohon.
Meskipun pengunjung menjawab sambil tertawa-tawa (mungkin takut salah) tapi jawaban yang muncul cukup substansi dan dikaitkan dengan pengalaman di daerah masing-masing. Pengunjung tersebut mendapatkan hadiah berupa 1 paket Beras Organik Simancuang. Hadiah diserahkan langsung oleh Sekretaris Dishut Sumbar sambil menjelaskan bahwa beras yang diterima pengunjung adalah hasil panen dari Masyarakat Simancuang yang berkomitmen menjaga hutan mereka.
Stand Pameran Dishut Sumbar dibuka selama 3 hari sejak peresmian oleh Ibu Mendagri dan Ibu Gubernur Sumbar.