Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama Kemiteraan Kehutanan
12 Agustus 2019 08:27:21 WIB 811 BERITA TERKINI Dinas Kehutanan

Padang, 09 Agustus 2019
Bertempat di Ballroom Basko Hotel Padang, telah dilaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama Kemiteraan Kehutanan antara Kelompok Tani Hutan (KTH) Usaha Bersama dan Kepala UPTD KPHL Bukit Barisan dalam kerangka pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Rotan, dihadiri langsung oleh Bapak Yozarwardi UP, S.Hut, M.Si (Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat), perwakilan BPSKL Medan dan disaksikan oleh sekitar 160 orang peserta Pelatihan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan/ Rencana Kerja Usaha Pemanfaatan Hutan KUPS, se- Sumatera Barat.


Berikut kami tampilkan sekelumit perjalanan KTH Usaha Bersama di Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang, sampai menapaki Kemiteraan Kehutanan :

  • Jauh sebelum KTH Usaha Bersama terbentuk, secara individu terdapat beberapa orang anggota kelompok yang telah melakukan pengolahan rotan mulai dari bahan baku sampai dengan produk setengah jadi maupun produk kerajinan dan furniture kualitas lokal, dengan sumber bahan baku berasal dari kawasan hutan KPHL Bukit Barisan yang ironisnya diperoleh secara illegal, dan hal inilah yang menimbulkan keprihatinan untuk keberlangsungan dan legalitas usaha tersebut.
  • Berawal dari rasa keprihatinan tersebut KPHL Bukit Barisan melakukan upaya melalui tahapan sosialisasi, fasilitasi dan pendampingan oleh Penyuluh Kehutanan untuk melakukan pembentukan Kelompok Tani Hutan Usaha Bersama yang bisa mewadahi usaha pengolahan rotan.
  • Pada Tanggal 11 November 2018 dilaksanakan pertemuan awal dan sosialisasi Kemiteraan Kehutanan dan dengan komunikasi yang intens dari Penyuluh Kehutanan akhirnya mendorong semua pihak khususnya KTH Usaha Bersama untuk melakukan Kemiteraan Kehutanan dengan KHPL Bukit Barisan.
  • Melalui serangkaian proses meliputi penyusunan proposal, pengukuran lokasi, verifikasi dan penyusunan Naskah perjanjian kerjasama, maka pada hari ini baru terlaksana Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemiteraan Kehutanan ini.

 

Arahan Bapak Kepala Dinas :
 

  • Memberikan apresiasi yang tinggi pada pihak-pihak yang telah mendorong dan memfasilitasi kemitraan kehutanaan ini, terutama Pak Basri selaku Ketua KTH, Kelurahan Teluk Kabung Tengah, penyuluh kehutanan, pokja PS dan KPHL Bukit Barisan.
  • Tujuan utama dari kemiteraan ini adalah memberikan akses legal pada masyarakat khususnya KTH Usaha Bersama untuk mengelola HHBK Rotan dengan harapan permasalahan keberlangsungan dan kenyamanan usaha akan terjaga disamping penerimaan atas hak-hak negara akan terjamin dan dapat dipertangungjawabkan.
  • Mengajak seluruh pihak khususnya para pengurus perhutanan sosial yang hadir, untuk terus menggali potensi pengembangan usaha perhutanan sosial, sehingga akan memberikan mafaat dan keuntungan sebesar-besarnya bagi masyarakat di sekitar hutan. 

 

#hutanlestari  #masyarakatsejahtera

 

Source : Instagram Dinas Kehutanan