PRESENTASI PENILAIAN SAKIP DINAS KEHUTANAN PROVINSI SUMATERA BARAT
06 November 2019 10:30:04 WIB 14 BERITA Dr. FERDINAL ASMIN, S.TP, MP

Pada tanggal 2 November 2019, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Yozarwardi UP, S.Hut, M.Si memaparkan pengembangan Sistem Akuntabilitas Kinerja Intern Pemerintah (SAKIP) pada Dishut Sumbar di hadapan peserta Bimtek SAKIP Tahun 2019 di Hotel Balairung Jakarta. Dishut Sumbar dinobatkan untuk tampil pertama dalam presentasi para Kepala OPD.

Kadishut menyampaikan paparan dengan baik dan penguasaan materi yang menakjubkan. Narasumber Pakar dari KemenPAN-RB, Pak Oding, sampai terpancing untuk terus menggugat substansi yang disampaikan Kadishut. Berbagai pertanyaan kritis disampaikan. Pak Oding membangun opini sendiri untuk menggali pemahaman Kadishut. Menurut pandangan saya, Kadishut mampu merespon pertanyaan dengan baik.

Tanggapan kritis Pak Oding disampaikan terkait dengan proses bisnis dan cascading. Beberapa catatan dari Pak Oding cukup baik untuk perbaikan kita. Namun secara keseluruhan, kita patut berbangga pada gagasan dan ide sistem yang kita buat. Hal ini dapat menjadi modal dasar untuk menjadi lebih baik.

Beberapa Kepala OPD juga menggugat dengan pertanyaan-pertanyaan. Namun saya menangkap kesan, pertanyaan-pertanyaan tersebut menyiratkan bahwa adanya perbedaan pemahaman  dalam pengembangan SAKIP.

Setelah presentasi Kadishut selesai, Pak Oding meyakinkan kepada semua peserta bahwa Kadishut terlibat dalam kesatuan pemikiran pengembangan SAKIP Dishut Sumbar. Saya juga merasakan bagaimana Kadishut cukup intensif berdiskusi dengan bawahan terkait SAKIP. Hal ini tentunya dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk selalu menyinkronkan tindakan-tindakan taktis dan operasional yang kita lakukan dengan arahan strategis dan direktif dari Kadishut. Akuntabilitas kinerja bukan sekedar menunjukkan hasil kegiatan, tetapi bagaimana hasil itu terukur dan valid untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Itulah sedikit catatan dari Bimtek SAKIP, semoga bermanfaat bagi kita seluruh ASN Dishut Sumbar.

(Dilaporkan oleh Sekretaris Dishut Sumbar)

 

#SekreDishutSumbar

#RimbawanJaya