Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia pengelola Perhutanan Sosial
08 Juni 2023 16:09:33 WIB 187 BERITA Dinas Kehutanan

Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia pengelola Perhutanan Sosial kembali diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dalam acara Pelatihan Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Sebanyak 50 orang perwakilan dari 30 KUPS Ekowisata menjadi peserta pelatihan dengan tema Melalui Ekowisata Kita Tingkatkan Pendapatan Petani Hutan dimana pelatihan kali ini dilaksakan di IBIS Hotel Padang pada tanggal 15-17 Mei 2023.

Sesuai dengan tema pelatihan, narasumber yang dihadirkan cukup beragam. Biasanya pada pelatihan pelatihan sebelumnya, pengisi materi berasal dari Instansi Pemerintah. Namun, pada agenda ini selain dari Pemerintah juga dihadirkan narasumber dari pelaku Ekowisata yang telah membangun, mengelola serta memanfaatkan potensi wisata pada lokasi Perhutanan Sosial secara baik bahkan telah memberikan nilai ekonomi kepada KPS/KUPS serta masyarakat sekitar.

Selama penyelenggaraan kegiatan, terlihat semangat dan antusiaisme peserta terhadap materi materi yang disampaikan. Dimulai dari wawasan umum, kebijakan pemerintah, strategi dalam pengembangan wisata, penyebar luasan informasi wisata, cerita dibalik kesuksesan wisata oleh KUPS bahkan pengalaman pengalaman pahit selama membangun ekowisata di Perhutanan Sosial.

Tentu dengan agenda ini, Dishut mengharapkan ada ilmu, pengalaman dan bekal dari peserta untuk kemudian mereka terapkan di lokasi masing masing. Dishut Sumbar akan selalu fokus dalam mendukung upaya KUPS untuk mengelola dan memanfaatkan potensi Ekowisata demi meningkatkan pendapatan petani hutan.

Pelatihan Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat @yozarwardi pada Rabu, 17 Mei 2023. Kepala Dinas Kehutanan mengajak kaum millenial untuk ikut bergabung dalam Perhutanan Sosial serta berpesan kepada seluruh peserta untuk tetap semangat, jangan mudah menyerah dan selalu berperan serta berkomunikasi aktif de ngan semua pihak untuk memajukan Perhutanan Sosial Sumatera Barat.