Coaching Clinic Percepatan Pengusulan Perhutanan Sosial
08 Juni 2023 16:17:09 WIB 184 BERITA Dinas Kehutanan

Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat bersama dengan Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Sumatera kembali mengadakan Coaching Clinic Percepatan Pengusulan Perhutanan Sosial yang dilaksanakan pada tanggal 22 - 23 Mei 2023 di Grand Basko Hotel Padang. Kegiatan ini meghadirkan 100 orang peserta yang terdiri 50 orang masyarakat calon pengusul Perhutanan Sosial beserta Wali Nagari, dan 50 orang lainnya merupakan Penyuluh Pendamping, Kelompok Kerja Percepatan Pengelolaan Perhutanan Sosial, Kepala UPTD KPHL/KPHP beserta Kepala Seksi yang menangani Perhutanan Sosial. Ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk terus mengembangkan Perhutanan Sosial di Sumatera Barat sebagai salah satu upaya meningkatan pendapatan petani hutan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Yozarwardi, U.P., S.Hut, M.Si menyampaikan bahwa saat ini terdapat 205 unit Izin/Persetujuan Pengelolaan Perhutanan Sosial dengan luas mencapai 287.553 Ha. Persetujuan Pengelolaan Perhutanan Sosial ini telah berhasil memberikan hak kelola atas kawasan hutan kepada lebih dari 175.800 Kepala Keluarga di Sumatera Barat. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa ini merupakan wujud keberpihakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kepada masyarakat atau petani, bahwa Pemerintah peduli dengan kehidupan petani dan terus berusaha meningkatkan pendapatan petani.

Pada kegiatan, ini sebanyak 30 buah usulan Perhutanan berhasil dituntaskan dengan luas mencapai 32.500 ha. Usulan-usulan ini akan segera ditindaklanjuti dengan menyiapkan semua berkas pendukung dan disampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Tahun ini, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat kembali menargetkan 50.000 ha usulan Persetujuan Penglolaan Perhutanan Sosial sebagaimana yang telah tercantum di dalam Keputusan Gubernur Sumbar No. 050-47-2022 tentang Penetapan Kinerja Progran Unggulan (Progul) Provinsi Sumbar Tahun 2021-2026.