Visi dan Misi

Sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 4 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Propinsi Sumatera Barat, dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Gubernur  Sumatera Barat Nomor 79 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Eselon II dan Uraian Tugas Eselon IV pada Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Barat  mempunyai visi dan misi sebagai berikut :

1.      Visi

Visi dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat adalah Terwujudnya Penyelenggaraan Kehutanan untuk menjamin kelestarian hutan dan peningkatan kemakmuran rakyat dengan Sasaran Prioritas yang terkandung dalam Visi adalah :

  1. Pengelolaan Hutan melalui sistim perlindungan.
  2. Pengawetan dan pemanfaatan untuk menjamin berkembangnya kapasitas kebudayaan masyarakat.
  3. Terselenggaranya distribusi manfaat yang berkeadilan, efesiensi dan berkelanjutan.
  4. Tahan terhadap perubahan eksternal melalui pendekatan partisipatif, terpadu, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan.

 

2.      Misi

Misi dari Dinas Kehutanan adalah :

  1. Menjamin keberadaan hutan dengan luasan yang cukup dan sebaran hutan proporsional.
  2. Mengoptimalkan aneka fungsi hutan dan ekosistem perairan seperti fungsi konservasi, lindung dan produksi dengan tujuan mencapai manfaat lingkungan, social, budaya dan ekonomi yang seimbang dan lestari
  3. Meningkatkan daya dukung daerah aliran sungai
  4. Mendorong peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan dan pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis nagari.
  5. Menjamin distribusi manfaat yang berkeadilan dan berkelanjutan.
  6. Memantapkan koordinasi Propinsi dengan Kabupaten/Kota dalam pembangunan kehutanan.
  7. Menciptakan perencanaan pembangunan kehutanan yang mantap dan berkelanjutan.