Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana dan Evakuasi Mandiri
26 April 2019 10:35:33 WIB 483 BERITA TERKINI Riska

Pada hari Selasa, 23 April 2019, BPBD Sumatera Barat telah melakukan Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana di Aula Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pemaparan oleh Tim BPBD dijelaskan bahwa Mitigasi bencana tidak hanya penting tetapi menjadi kewajiban semua pihak dan semua kalangan masyarakat untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan bencana.


Pada hari ini, 26 April 2019, pada jam 10.00 WIB dalam rangka Memperingati hari kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2019, telah dilaksanakan simulasi evakuasi mandiri pada Dinas Kehutanan.

  1. Simulasi dimulai dengan ditandai bunyi sirine yg serentak dibunyikan oleh BPBD Kota Padang dan BPBD Provinsi Sumatera Barat, selanjutnya 
  2. Simulasi dilakukan dengan menyelamatkan diri ke luar ruangan kerja masing2 menuju titik kumpul pada lapangan apel atau parkir Kantor Dinas.
  3. Masing2 Kasubbag dan Kasi dpt mengarahkan staf untuk segera menuju titik kumpul.
  4. Keadaan ancaman bencana dinyatakan selesai jika sirine peringatan telah berhenti dan semua staf telah berkumpul di titik kumpul.
  5. Simulasi ini juga untuk mengetahui berapa waktu yg diperlukan agar semua staf berkumpul pada titik kumpul, sehingga diperlukan kecepatan dan ketepatan tindakan.
  6. Utk jalur evakuasi ke luar ruangan dapat menggunakan pintu keluar yg terdekat pada masing2 ruang kerja.
  7. Seluruh staf diminta dapat mengikuti simulasi dg sebaik2nya untuk menjamin kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana dan mengurangi resiko bencana.

Ayo Sadar Bencana, doa dan usaha semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa melindungi Sumatera Barat dari dahsyatnya bencana.