Rimbawan Sumbar Berpartisipasi pada Pawai Alegoris Tahun 2019
19 Agustus 2019 08:57:38 WIB 788 BERITA TERKINI Dr. FERDINAL ASMIN, S.TP, MP

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat (Dishut Sumbar) berpartisipasi dalam Pawai Alegoris dengan mengangkat tema “Stop Kebakaran Hutan dan Lahan, Pantang Pulang Sebelum Api Padam). Pawai diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2019 dimulai dari Kantor Gubernur Sumatera Barat. Dishut Sumbar menampilkan defile kendaraan Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Dalkarhutla) berupa satu unit mobil patroli Dalkarhutla, satu unit mobil pemadam Dalkarhutla, satu unit mobil patroli Polisi Kehutanan (Polhut) BKSDA Sumbar, dan 8 unit motor trail patroli Dalkarhutla dan Polisi Kehutanan (Polhut).

Pesan yang ingin disampaikan oleh Dishut Sumbar pada Pawai Alegoris tersebut adalah mengajak seluruh pihak untuk mewaspadai kebakaran hutan dan lahan. Selain ancaman sanksi pidana terhadap pembakar hutan dan lahan, kebakaran hutan dan lahan juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan. Untuk itu, masyarakat dan pengelola lahan diminta untuk tidak melakukan pembakaran dalam persiapan lahan dan mengaktifkan satuan-satuan tugas Masyarakat Peduli Api (MPA) dan satuan tugas Dalkarhutla pemegang konsesi lahan.

Tim Pawai Alegoris dari Dishut Sumbar terdiri atas Satgas Dalkarhutla (Sdr. Syaiful, Irwandi, Fauzimar), Polhut Dishut Sumbar (Jumiyanta, Irwan, Addalus), Bakti Rimbawan Sumbar (Prima, Yudha, Alfu, Abimayu, Afni, Pablo), dan Sukarelawan Sendi. Di samping itu, tambahan personil pawai dari BKSDA Sumbar sebanyak 3 orang dan satu unit mobil Polhut. Tim Dekorasi mobil pawai adalah Sdr. Edriman dan Masyafril, serta dokumentasi Sdr. Yunial.

 

#sekrdishutsumbar

#stopkarhutla

#rimbawansumbarjaya