Success Story Perhutanan Sosial Sumatera Barat
17 Oktober 2022 12:08:43 WIB 611 BERITA Dinas Kehutanan

Success Story Perhutanan Sosial Sumatera Barat.(5/9)

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat @yozarwardi didaulat sebagai narasumber dalam Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Penguatan Kelembagaan Perhutanan Sosial.
Rapat koordinasi pusat dan daerah ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kelembagaan perhutanan sosial sehingga di dapatkan gambaran secara umum dan khusus pelaksanaan kelembagaan perhutanan sosial di daerah, permasalahan dan kendala pelaksanaan perhutanan sosial, sekaligus mendorong daerah yang belum membentuk kelembagaan perhutanan sosial untuk segera membentuk, agar dapat dijadikan wadah/forum koordinasi baik di tingkat daerah maupun berkoodinasi di tingkat pusat.
Bersama dengan narasumber lain dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Desa PDDT, Kementerian Dalam Negeri serta NGO Latin, @yozarwadi dalam kesempatan tersebut memaparkan Success Story Perhutanan Sosial Sumatera Barat.
@yozarwardi secara gamblang memaparkan runutan pengembangan perhutanan sosial di Sumatera Barat mulai dari fasilitasi pembentukan kelompok hingga hilirisasi produk perhutanan sosial.
Pengembangan PS ini diharapkan mampu mempercepat  pengentasan  kemiskinan  masyarakat  sekitar  hutan  yang  hidup  dan bergantung  pada  sumber daya  hutan, sehingga secara langsung dapat mendukung misi Gubernur Sumatera Barat untuk meningkatkan nilai tambah dan produktivitas produk pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan guna meningkatkan pendapatan petani hutan melalui peningkatan luas kawasan hutan yang dikelola kelompok masyarakat dan peningkatan unit usaha berbasis kehutanan.