Irwan Prayitno: Rimbawan Pejuang Kemanusiaan Tanpa Tanda Jasa
15 April 2019 10:43:38 WIB 670 BERITA TERKINI Riska

Repost dari Semangat News


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memimpin upacara bendera dalam rangka memperingati
Hari Bakti Rimbawan ke-36, Senin (17/3/2019) dilapangan Kantor Gubernur.

 

Dalam upacara tersebut juga diikuti oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Sekretaris Daerah Sumbar Alwis, Kepada Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi Usama Putra dan para pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah daerah Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan ke-36 yang diperingati setiap tanggal 16 Maret sejak tahun 1983, peringatan tahun ini bertema “Hutan Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”, sejalan dengan semangat dan misi keberadaan serta jati diri Rimbawan, dalam perjuangan pembangunan hutan dan lingkungan.

Kehutanan dan Lingkungan terus lakukan langkah-langkah korektif pada upaya penataan ulang alokasi sumber daya hutan dengan mengedepankan izin akses bagi masyarakat dengan hutan sosial, implementasi secara efektif moratorium penerbitan izin baru di hutan alam primer dan gambut serta melakukan pengawasan pelaksanaan izin dan mencabut HPH atau HTI yang tidak aktif.

Presiden menegaskan untuk melakukan reklamasi dan rehabilitasi hutan secara besar-besaran mulai tahun 2019. Harus dilakukan gerakan penanaman secara nasional di seluruh Indonesia.

Peringatan Hari Bhakti Rimbawan merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melakukan refleksi, menggali inspirasi, motivasi dan berbagai inovasi dalam kiprah kerja di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Akhirnya menteri LHK menegaskan, agar Rimbawan harus berjiwa patriot, punya keberanian dan dedikasi dalam menjaga lingkungan dan hutan.

“Rimbawan adalah pejuang yang tak kenal lelah dan mereka tidak harap tanda jasa untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan serta ekosistem bumi demi masa depan negara dan bangsa” tutur Irwan di luar teks yang dibacakan.

“Selamat Hari Bhakti Rimbawan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, meridhoi segala upaya dan langkah kita bersama. Salam Rimbawan” ucap Irwan Prayitno mengakhiri pidatonya.

Selesai acara Hari Bhakti Rimbawan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berkesempatan berbincang-bincang dengan para Rimbawan Sumbar yang hadir khusus diundang guna menghadiri upacara tersebut.(nov)